Saturday, 18 December 2010

Tentang Praktikum Biologi

Menurutku, laporan yang paling susah [dibikin, bukan dilakukan] adalah BIOLOGI. Aku juga gak tau kenapa. Tiap kali aku ngerjain laporan biologi, pasti selalu ada halangan. Beda sama fisika dan kimia. Bukan karena keduanya udah selesai praktikumnya. Tapi tetep aku gak ngerti kenapa biologi itu susah. Mungkin karena gak dapet contekan punya kakak tingkat, atau memang susah beneran.

Mulai dari praktikum pertama dan kedua. PENGENALAN MIKROSKOP sama SEL HEWAN DAN TUMBUHAN. Gara-gara laporannya dobel, aku jadi bingung mau ngerjain yang mana dulu. Alhasil, aku jadi kelamaan bingung dan ngabisin banyak waktu buat bingung. Padahal itu banyak banget. Mana susah banget gambar mikroskopnya. Ditambah lagi gambarnya gak cuma satu, tapi dua. Belom lagi gambar sel-sel yang ribet banget itu, dan HARUS diwarnai. Gak cuma sampe itu, gara-gara belom dikasih cover, jadi terpaksa bikin cover sendiri. Mana tulisanku jelek banget, pake sepidol pinjeman, merah pula. Udah gitu, tulisannya mencong-mencong. Errr, bener-bener awal yang buruk.

Praktikum ketiga dan keempat. JARINGAN TUMBUHAN sama JARINGAN HEWAN. Sama kayak yang sebelumnya, masalah di level ini adalah “How to draw this cells, and what are the colors?” Ini adalah hal yang paling susah dalam pembuatan laporan yang berhubungan dengan MIKROSKOP. Apalagi buat orang yang gak bisa gambar kayak aku.

Praktikum kelima. ORGAN TUMBUHAN. Dalam pembuatan laporan ini memang gak ada kesulitan pada pengerjaannya. Kesulitannya justru pada pengumpulannya. Kenapa? Soalnya deadline laporan ini pas kita lagi liburan. Bayangin, pas lagi asik liburan, eh disuruh ke kampus cuma buat ngumpulin laporan. Udah dateng jauh-jauh, eh malah asistennya gak ada.

Praktikum keenam. ORGAN DAN SISTEM ORGAN HEWAN. Ini adalah praktikum bedah Cavia cobaya alias marmut. Praktikum kali ini memang menyenangkan. Selain karena tempatnya di alam bebas [gak di lab], abis selesai praktikum ini kita foto-foto di tempat yang belom pernah kita taking a picture. Terus apa hubungannya sama kesulitan? Kesulitan di level ini adalah: BELOM DIWARNAI. Gara-gara telat ngumpulin, dan saking desperatenya sama si Cavia cobaya ini, langsung aja aku kumpulin tanpa aku waranain. Pas di cek sama mbak asistennya, dia bilang kalo gak diwarnain, nilainya bakal dikurangi BANYAK. Tadinya sih aku bodo amat. Tapi setelah Memet bilang “Eh, maneman lho bijimu dikurangi akeh.” aku langsung ngambil lagi laporan yang udah aku kumpulin tadi, terus aku warnain. Untung ada temen-temen yang baik banget mau bantuin aku ngewarnain si Cavia cobaya. Buat Memet, Siska, Yudha, Marash, Mona, dan yang laennya yang dulu bantuin aku, terimakasih banyak teman-teman.

Praktikum ketujuh. TRANSPOR MEMBRAN. Ini adalah laporan ter-ancur dan ter-telat. Kesulitannya antara lain: 1) Gak dapet contekan, 2) Praktikumnya gagal, 3) Gak ngeh sama yang difusi dan plasmolisis, TIGA, 5) Bingung sama warna-warnanya, 6) Telat ngumpulin 1 minggu. Ancur banget dah itu laporan.

Praktikum kedelapan. TRANSPORTASI PADA TUMBUHAN TINGGI. Hanya ini laporan yang paling gak nyusahin. Ya iya lah, yang ini gak praktikum alias dilewatin.

Praktikum kesembilan. PROSES-PROSES HIDUP PADA TUMBUHAN. Ini praktikum paing aneh. Soalnya ini tergantung banget sama matahari. Dan karena sekarang adalah musim hujan, maka dari itu gak jadi-jadi. Kemaren, Jumat, udah mau praktikum, udah ada matahari, eh Hydrilla verticilata-nya abis. Gak jadi lagi.

Praktikum kesepuluh. GENETIKA. Ini adalah laporan yang baru aku mau selesein. Harusnya deadlinenya kemarin kamis. Niatnya sih cuma nelat 1 hari. Tapi karena sabtunya rencananya mau praktikum, ya udah lah, sabtu sekalian. Eh malah gak jadi. Ya udah lah senin aja, kalo ketemu asisten. Kalo gak ketemu ya selasa. Jadi, kalo diitung-itung, aku telat 4 hari. Yee. .

Dan inilah praktikum terakhir kita. . Praktikum kesebelas. HABITAT. Yepp, bikin kotak-kotak 1x1m, terus ngitung makhluk hidup didalemnya. Ngitung semut sih gak masalah. Nah ngitung rumput? Buset dah kayak orang kurang kerjaan aja. Orang kalo kurang kerjaan aja gak nyampe ngitung rumput. Udah gitu ketemu kalajengking pula, lucu sih, tapi kan serem juga. Ini laporannya belom aku kerjain sampe sekarang. Deadlinenya kapan sih? Kapan kapan.

Yaa, demikianlah praltikum dan penjabaran kesulitannya. Sebenernya sih gak susah-susah amat deng, mungkin aku yang lebay, dan menganggap semua adalah kesulitan, hehe. Tapi, di antara kesulitan itu, praktikum biologilah yang paling menyenangkan. Kenapa? Ini semua karena KELOMPOK TIGA, YANG GILA-GILA selalu kompak. Yepp, itulah kelompokku.

Kelompok Tiga Paling Gila

Eh, udah dulu ya, aku mau ngerjain laporan GENETIKA dulu. Doain, semoga dengan awal yang buruk ini, bisa berakhir baik. See ya.

0 comments:

Post a Comment

 

LIMPPOMPOM Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang