Wednesday, 2 March 2011

Ini Tentang Pe Ka eN

Tidak semua orang tau, kalo aku benci banget sama pelajaran KEWARGANEGARAAN, PKn ato KWN. Kenapa? Semua orang yang mengetahui akan hal ini, pasti dia kan bertanya dengan keheranan penuh,

"KOWE KI ASLINE WONG INDONESIA DUDU????"

Jawaban sebenarnya adalah... karena.

Kebencian ini bermula pada saat aku duduk di bangku SMA, kelas X. Setiap kali ada mata pelajaran PKn, aku selalu merhatiin, selalu nyatet. Beh, catetanku rapi banget pas kelas X. Mungkin kalo ada kompetisi buku catetan paling rapi, akulah yang akan jadi pemenangnya. Eeh, ngapain juga ngomongin ini? Ya, kira-kira begitulah. Pas ulangan neh, bencananya dateng. Ebuset, soalnya masya Allah... Mana gurunya bilang gini,


"Cah, kowe tak ke'i kesempatan NGLIRIK 3x. Nglirik lho cah. Ora entuk noleh. Dadi mengko nek pas ulangan kesempatan nglirikmu es entek, ojo nggumun nek pundakmu tak tepuk-tepuk."

Heh, ya ampun, bu, bu.

Sejak kejadian bencana itu, yang menyebabkan nilai ulangan perdanaku jeblok, aku jadi ilfil sama mata pelajaran PKn.

Tiga tahun di SMA, mata pelajaran PKn ku lalui dengan penuh ke-ilfil-an. Yaa, tidak lain dan tidak bukan, karena setiap kali ada ulangan kek, mid semester kek, kenaikan kek, selaaaalu aku remed. Hhh... Sampe-sampe, aku tau banget, ibu-ibu yang ngajar PKn itu memandangku dengan tatapan bertanya-tanya,

"Waahh, anak ini nasionalismenya tinggi sekali, sampe-sampe setiap kali ada remed PKn, selalu ada dia."

Yaa, kira-kira begitu lah. Tak pernah aku punya masa kejayaan soal PKn selama SMA.

Lulus SMA, dan aku diterima di jurusan Biologi. Hal pertama yang aku pikirkan adalah,

"Alhamdulillah... Aku bebas dari PKn."

Eh bener aja, gak ada. Pas semester 1. Pas semester 2, oh man, ada PKn! Apa itu neraka! Eeh, kalo gini apa bedanya?!

Hhh... Tadi adalah pertama kalinya aku merasakan penderitaan itu lagi. Penderitaanku jaman SMA. Yepp, dikasih soal tentang negara-negara gitu deh. Yang pake menurut kamu menurut kamu gitu. Paling sebel sama pertanyaan macam itu. Pertanyaan macam apa itu?? Penyiksaan!!

Sabar, dhee, sabar... Cuma satu semester kok.

Satu semester pale lo litikum!! Satu semester full of torture gitu maksud lo?

Hehe, iya, gpp lah...

Terus kalo IP jelek cuma gara PKn, siapa yang mau tanggung jawab?
Iya ya? Siapa ya? Aaaaaaaahh, benciiii......

0 comments:

Post a Comment

 

LIMPPOMPOM Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang