Saturday, 14 January 2012

Jamur Tiram Saus Tiram Ala Chef Amatiran

Jumat pagi, panen Pleurotus ostreatus. Jumat siang, jumat sore, masak jamur krispi. Jumat malem, "Hmm, besok jamurnya dimasak apa lagi ya? Masa goreng krispi lagi? Bosen dong. Aha! Jamur tiram saus tiram!"

***

Pagi-pagi udah semangat banget, mau bikin jamur tiram saus tiram. Bangun tidur, online bentar buat nyari resep, mandi, ke warung buat beli bahan-bahan, terus masak deh. Masaknya jamur krispi sih udah bener, udah 80% bener lah. Terus numis bawang putih. Nah, ini neh trouble maker-nya. Bawang bombaynya lupa belom dipotong-potong! Cepet-cepet aku motong bawang bombay sebelum bawang putihnya gosong. Oke, langsung masukin aja. Hhh, slamet. Terus aku masukin saus tiramnya. Lah, ini kok minyaknya muncrat ke mana-mana, gimana nih? Hhh, di situ aku langsung panik at the disco. Liat langkah selanjutnya, "memasukkan 50 ml air." Karena panik, aku masukin airnya gak kira-kira. KEBANYAKAN! Nah kan, jadi encer banget. Ah sial!

Lalu aku nyari tepung maizena biar gak terlalu encer. Eh gak ada tepung maizenanya. Yaudah lah, biarin aja, ntar juga airnya berkurang sendiri. Gak kekurangan akal, aku buka-buka kulkas, siapa tau ada sesuatu yang ngebantu. Aha, saus teriyaki! Langsung deh aku tambahin saus teriyaki ke saus-tiram-produk-hampir-gagal tadi. Yes, berhasil. Jadi lebih kental. But wait, aku cobain. Huek! Rasanya gak keruan. Ada rasa tiram plus rasa jahe dari saus teriyaki sialan tadi. Hhh, nyerah deh. Biarin, ini mau jadi saus apa.

Dasar chef amatiran! Untung aja, aku di rumah sendirian. Coba ada bapak ato ibuk, mesti aku udah dimarahin. Gara-gara masak gak siap bahan-bahannya lah. Gara-gara minyak ke mana-mana lah. Yaudah, akhirnya aku angkat aja saus produk gagal tadi dari kompor. Dan mengurungkan niat buat makan Jamur Tiram Saus Tiram yang sudah direncanakan sebelumnya.

Rasa sausnya itu ya, bawang putih featuring jahenya kuat banget. Mana asinnya over pula. Kalo dikasih nama, makanan ini namanya adalah...

Jamur Tiram Saus Tiram featuring Saus Teriyaki
Ala Chef Amatiran

Ada yang mau coba? Siapkan mental anda! Muehehehehe...

So, moral value-nya:
  • Kalo mau masak, bahannya disiapin dulu semuanya
  • Gak boleh takut sama minyak
  • Gak boleh panik at the disco
  • Jangan nambahin bahan yang enggak-enggak
  • Dan jangan masukin bahan terlalu banyak
OK, happy cooking everybody! happy0164 Free Emoticons   Happy

0 comments:

Post a Comment

 

LIMPPOMPOM Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang