Saturday, 17 March 2012

Hik! Cegukan

Duh, lagi cegukan nih. Gak enak banget rasanya. Ngerjain laporan tulisannya jadi mencong-mencong. Toloooong...!! --» langsung buka wikipedia

Jadi, apa itu cegukan?

Kata kakak Wikipedia, cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang gak disengaja pada diafragma, yang terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis menutup, serta menyebabkan terjadinya suara "hik". Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, meskipun ada beberapa home remedy untuk mengobati cegukan.

Biasanya, cegukan disebabkan karena makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan minuman beralkohol, atau karena keseimbangan elektrolit. Tapi bisa juga karena tekanan saraf frenik oleh struktur anatomi yang lain, atau karena tumor dan penyakit ginjal lainnya lhoo, hiiii...

Then, apa yang seharusnya kita lakukan untuk menghentikan cegukan?

1. Menahan napas
Karena dengan menahan napas, kadar karbondioksida di dalam darah akan meningkat, sehingga kecegukan berhenti. Hmm, mari kita coba... Hik! ternyata MASIH CEGUKAN!

2. Bernapas di dalam kantong kertas
Kok bisa ya? Emang di dalem kantong kertas ada apa? Bodo ah, coba dulu aja. Kantong mana kertas?! Kertas mana kantong?! Gak ada, lewatin aja deh. Next! Hik!

3. Minum segelas air dingin atau mengunyah roti kering atau es batu yang diserut
*lari ke dapur* Hik! Masih cegukan jugaaaa... (Narator: Lah, kamu udah makan roti kering belum?) Belum, cuma makan bunga es, hehehe... Hik!

4. Menarik lidah atau menggosok bola mata secara perlahan.
Hahaha, duh, malah ngantuk nih jadinya. Hik!

5. Membalik posisi tubuh dengan meletakan kepala dibawah kaki diatas
Halah, apaan nih, ribet amat!

Eh, udah sembuh loh! Hahaha... Sebenernya sih udah sembuh dari tadi abis minum, hehehe... Bukan, bukan karena abis minum. Ternyata cegukan bisa sembuh sendiri tanpa kita sadari. Jadi, jangan langsung minum air segalon, atau menahan nafas sampe mukanya biru-biru kayak Patrick,
Patrick - Opposite Day
cuekin aja, ntar juga pergi sendiri.

Ternyata bukan kita aja yang gak suka dicuekin, Si Cegukan juga loh...

0 comments:

Post a Comment

 

LIMPPOMPOM Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang