Monday, 3 September 2012

Awal Menuju Perubahan

Kalau dipikir-pikir lagi, ternyata aku udah bukan anak kecil lagi ya? Aku bukan anak baru lho, aku delapan tahun pake Dove. Ehh... Aku udah semester 5 lho. Udah 2 tahun lebih, aku bergumul dengan Biologi. Tapi selama 4 semester ini, aku ngerasa gak terlalu serius menjalani apa yang harus aku jalani ini. Kuliah? Malah banyakan ngobrolnya daripada dengerin materi. Kalo gak ngobrol, ya ngantuk. Belajar? Jarang banget. Palingan cuma pas mau UK. Walhasil, ilmu yang masuk juga gak maksimal. Bisa dibilang, selama kuliah ini aku cuma ngerjain tugas aja biar dapet nilai. Urusan ngerti enggaknya... Yah, gak semuanya aku gak ngeh sih, tapi ya gak semuanya juga aku ngeh. Rempong cynt...

Nah, jadi dalam rangka memperbaiki kesalahanku di masa lalu (saelah), mulai hari ini (sebenernya sih kemarin Minggu), aku pengen berubah. Bukan, aku bukan Power Ranger Pink, suwer! Masa sih gak percaya? Ehem! Iya, jadi aku pengen berubah jadi Cinderella seseorang yang sedikit lebih serius. Aku tau kok, ini susah banget. Apalagi buat aku, yang (bisa dibilang) gak pernah serius. Palingan seriusnya kalo lagi nonton film. Tapi, demi apapun, aku akan berusaha untuk menjadi seorang Dhian Utami yang lebih baik.

Kemarin, udah ngerjain tugas Genetika. Nekat nyelesein sampe malem banget, browsing sana-sini, dan pantang tidur sebelum kelar... tapi akhirnya selesai juga, jam 11an. Tadi sore, nge-review video genetika sama Mega, sampe maghrib. Biasanya, lama-lamaan maen ke kos Mega cuma buat ngobrol ngalor-ngidul, sekarang ngerjain tugas, cie cieeee... Asek dah! Dan malem ini, barusan, aku habis baca blognya Pak Dosen lho. Padahal biasanya, buka blognya dosen cuma kalo liat nilai aja. Hehe... Tadi aku baca postingan yang judulnya Transformasi Ekspresi Gen Asing dalam Sel Bakteri. Gak langsung paham sih, aku harus baca kalimatnya berulang-ulang. Maklum, emang aku lama kalo mikir. (Apalagi kalo mikirin kamu. Eaaaa...) Dan setelah beberapa kali aku baca ulang, kalimat per kalimat, aku jadi rada paham.

Jadi, sepenangkapanku, di situ diceritain, katanya kalo bakteri virulen yang udah mati dicampur sama bakteri nonvirulen yang masih hidup, maka bakteri nonvirulen tadi berubah jadi bakteri virulen. Hii, serem ya? Ini kayak orang jahat mati gak wajar, terus arwahnya gentayangan pengen bales dendam. Tapi karena dia hantu, jadi gak bisa kontak fisik sama orang yang masih hidup. Nah, jadi dia masuk ke tubuh orang yang masih hidup. Orang yang masih hidup itu sebenernya orang baik, tapi karena dia dimasukin sama arwah jahat, nah, dia jadi jahat. Dan arwah jahat tadi berhasil bales dendam. Ckckck, tragis.

Dan pelajaran kedua yang aku dapet adalah transformasi. Transformasi merupakan ekspresi materi genetik asing yang masuk melalui dinding sel. (sumpah, ini aku ngetik sendiri, gak copas) Jadi, bakteri bisa bertransformasi secara alami dengan cara memproduksi protein yang nantinya digunakan untuk menerobos dinding sel, sehingga DNA plasmid bisa masuk. Tapi, kita bisa juga membuat bakteri biar bisa bertransformasi. Bisa dengan teknik heat-shock dan elektroforasi. Teknik heat-shock, bakteri didinginkan, lalu dipanaskan, lalu didinginkan lagi, lalu dipanaskan lagi, sehingga DNA bisa masuk. Kok bisa? Wah, kurang tau ya, heheheh... Kalo yang teknik elektroforasi, itu bakterinya disetrum, biar kaget. Nah, saking kagetnya, dinding selnya jadi berlubang-lubang, masuk deh tuh DNA-nya.

Hmm... Ternyata kalo niat, belajar itu gak se-boring yang dipikirin ya? Yah, walaupun sedikit, kan lama-lama menjadi bukit. Semoga ini adalah awal semester yang berbeda dari semester-semester sebelumnya. Aamiin... malaikat

2 comments:

 

LIMPPOMPOM Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang