Sunday, 16 September 2012

Review Praktikum Fistum

Praktikum Fisiologi Tumbuhan judul Pengaruh Dosis Pemupukan NPK terhadap Respon Pertumbuhan dan Produksi Beberapa Kultivar Kentang Hitam (Coleus tuberosum) dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 September 2012.

Sekitar pukul 7.00, di green house belum terlalu ramai. Saya melihat baru sekitar 8 anak yang sudah berada di sana. Beberapa dari mereka sedang membersihkan tempat itu, yang bisa dibilang sangat kotor. Saya pun ikut membantu, walau hanya sekedar mencabuti tumbuhan liar yang ada di sana. Selanjutnya, teman saya, sebut saja namanya Yutam, berteriak-teriak kalau kompos dan tanahnya kurang. Ya sudah, akhirnya saya dan satu teman saya, sebut saja namanya Linda (bukan nama samaran), dan juga beberapa teman-teman lainnya, dengan sukarela pergi ke Pasar Nangka untuk membeli sejumlah kompos yang tidak sedikit. Sesampainya di Pasar Nangka, kami (saya dan Linda) tidak melihat satu orangpun yang kami kenal. Ternyata, kami berdua adalah orang pertama yang sampai di Pasar Nangka. Akhirnya kami melihat-lihat tanaman dan bermain tebak-tebakan nama tanaman yang ada di sana. Lama sekali kami menunggu kedatangan teman-teman lain, lalu kami berinisiatif untuk menyambangi toko demi toko mana yang menjual kompos yang sama persis dengan kompos yang dibeli pada hari sebelumnya. Beberapa saat kemudian, teman-teman yang lain datang. Ternyata mereka berada di ujung jalan, dan ternyata sudah menemukan tempat mana yang menjual kompos tersebut. Akhirnya, saya dan Linda langsung mengambil 5 bungkus kompos dan membawanya ke green house.

Sesampainya di green house, saya melihat sebuah kekacauan. Ada air terjun yang jatuh dari lantai 2, ternyata itu adalah air bekas mengepel green house. Tapi saya tidak hiraukan, saya lebih memilih untuk duduk-duduk manis saja bersama teman-teman yang lain. Beberapa saat kemudian, kami mencampurkan tanah denga kompos. Tentu saja, saya tidak ikut mencangkul. Saya cukup menuangkan kompos ke dalam ember saja. Setelah campuran tersebut siap, lalu saya membantu memasukkannya ke dalam polybag. Awalnya saya merasa jijik untuk memegang campuran tanah dengan kompos tersebut. Tetapi karena susah untuk memasukkannya ke dalam takaran, akhirnya tangan saya menyentuhnya juga. Eh ternyata asyik juga.

Selanjutnya, polybag yang sudah berisi campuran tanah dengan kompos tersebut diberi label dan dipindahkan ke lantai 2. Saya tidak membantu dan hanya menyaksikan kegiatan tersebut, karena saya lihat sudah cukup banyak teman-teman yang membantu. Setelah polybagnya sampai di lantai 2, dan ditata sedemikian rupa, ternyata harus dipindah dan ditata berdasarkan kultivar dan kelompoknya. Ya sudah, akhirnya kami memindahkan sesuai ruangan yang dikehendaki. Kegiatan selanjutnya adalalah penanaman kentang hitam atau Coleus tuberosum. Yang ternyata, cara penanamannya harus sangat hati-hati sekali dan penuh kasih sayang. Saya ikuti saja sesuai anjuran, daripada nanti kentangnya tidak tumbuh. Selanjutnya, pemberian pupuk NPK. Terjadi sedikit kesalahan pada saat saya dan teman-teman menaburkan pupuk ke atas polybag. Seharusnya ditaburkan di tepi-tepi polybag, bukan di tengah-tengahnya, begitu kata salah satu teman saya.

Dan begitulah kegiatan praktikum hari itu, berakhir sekitar pukul 11 siang. Dengan segala kesibukan dan keceriaan kami, saya dan teman-teman.

0 comments:

Post a Comment

 

LIMPPOMPOM Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang