Friday, 12 October 2012

Cara Menghadapi Orang Emosi

Ngadepin orang emosi itu gak boleh sembarangan, harus pake strategi. Kayak di bawah ini, yang sudah saya praktekkan seharian ini...

1. Jangan bales pake emosi
Emosi itu ibarat batu. Batu + batu = mental. Seperti teori fisika, bahwa benda keras bertumbukan dengan benda keras, maka akan terjadi tumbukan lenting sempurna yang dapat menyebabkan bunyi dan panas. Nah, emosi tuh kayak gitu. Kalo dibales emosi, maka akan terjadi tumbukan lenting sempurna, yang dapat menyebabkan perang mulut, berapi-api, relationship jadi jauh, renggang, berjarak. Jadi, menghadapi emosi itu gak boleh pake emosi juga. Pake yang sifatnya bertentangan. Misal kalo batu ya dibales pake gombal (kain gombal maksudnya), kalo emosi ya bales pake kebijaksanaan. Cieh.

2. Anggep aja cuma lelucon
Anggep aja, emosi atau ketidakwolesan orang itu adalah sebuah lelucon yang layak untuk ditertawakan. Kalo yang emosi itu adalah temen kamu yang emang sering marah-marah, ya wajar, kamu gak perlu kayak orang kebakaran jenggot nyari-nyari air. Stay cool. Ngapain juga nanggepin hal yang biasa terjadi, udah bosen kalee. Tapi kalo yang emosi itu adalah temen kamu yang jarang marah-marah, jangan panik juga. Tetep stay cool. Justru itu adalah kejadian langka yang gak boleh kamu lewatkan. Anggep aja stand up comedy.

3. Bermuka-dua-lah
Dalam hal ini, bermuka dua sah-sah aja. Dianjurkan malah. Tapi bermuka dua di sini bukan bermuka dua kayak di sinetron Cinta Fitri, tapi lebih ke mengendalikan diri aja. Jadi gini situasinya, temen kamu curhat sama kamu via sms kalo dia lagi sebel banget sama Komeng gara-gara balesan sms-nya gak ngenakin. Curhatnya sampe menggebu-gebu, sampe-sampe kamu juga kena dampaknya. "Gupak pulut e, ora mangan nangka ne." Kamu harus punya strategi untuk menghadapinya, yaitu dengan bermuka dua.

Temen: "Ih, gue sebel banget sama Komeng, gue sms balesannya gak ngenakin!"
Kamu: "Haha... (<-- ini penyamaran biar disangka kamu menanggapi smsnya dengan ceria) Emang kamu sms gimana?"
Temen: "Gue sms gini, Kom, elu bla bla ." (<-- beneran ditulis "bla bla")
Kamu: "Gimana? Yang jelas dong, kan biar aku tau maksudnya. senang (<-- kasih emoticon senyum, biar kesannya kamu sabar banget ngadepin dia yang lagi emosi)
Padahal draft-nya: "GIMANA SIH? YANG JELAS DONG! KALO BEGITU AJA, MANE GUA PAHAM?!"

4. Just ignore it
Kalo ada orang lagi emosi, gak usah dipikirin, gak usah diambil hati. Biarin aja anjing menggonggong, kafilah tetep berlalu. Ngapain juga ngurusin orang emosi, abaikan saja. Masih banyak urusan yang lebih penting daripada dengerin orang marah-marah. Dan ya, dengerin orang marah-marah itu, kalo iman kita gak kuat, bisa-bisa kita ikutan emosi. Mood jadi drop, hari jadi suram, yeah! Ignorance is your new best friend!

5. Dengerin lagu yang ceria
Dalam rangka mengabaikan orang-orang yang sedang emosi, marah-marah, maka alangkah baiknya kita dengerin lagu-lagu yang jedug-jedug, kayak ini nih... One More Night, check it out!



0 comments:

Post a Comment

 

LIMPPOMPOM Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang