Wednesday 21 November 2012

Review Fistum Nutrien, nyoh!

Hari Sabtu, tanggal 10 November 2012, praktikum fistum, judul Nutrien. Jujur ye, aku dateng agak telat dikit. Pas jalan ke lab, “Kok sepi sih?” Hidup tanpa cinta~ Eh taunya, yang lain udah pada di sebelah gereja depan FH, lagi nyaring kerikil. Ya, aku sih ngeliatin aja, sambil ngasih semangat, soalnya saringannya terbatas sih. Abis itu di lab, aku bantuin ngasih label di suntikan. Terus... bantuin apa lagi ya? Duh, udeh lama banget, cynt. Lupa. Oh iya, abis itu kalo gak salah, ternyata kerikilnya kurang kecil, jadi disaring lagi deh. Nah, pas itu aku ikutan bantuin. Asik dah. Hmm, kayaknya itu aja deh kegiatannya.

Nah, episode selanjutnya nih... Kemarin, hari Senin tanggal 19 November 2012, praktikum fistum, (masih) judul Nutrien, ya... lumayan menyenangkan sih, tapi... Ya gitu deh. Pas ke sana, sekitar jam 8an kalo gak salah, aku liat sih belum mulai. Atau mungkin malah udah selesai? Who knows? Nobody does! Yang jelas, masih ada beberapa yang belum datang, ada yang ngerjain tugas, laporan. Belakangan aku tau, ternyata emang belum mulai. Hhh, kebiasaan deh, the ngareters. Yaa, daripada nganggur, akhirnya aku ikutan aja ngerjain tugas PPB, dikumpul jam 9 boooo! Beberapa menit berlalu, tugas hampir selesai, tiba-tiba, !@#$%^&* (SENSOR).

Dimulailah praktikum yang sebenernya. Aku liat, temen-temenku kerja semua loh. Ya ampun, seneng deh ngeliat temen-temenku kompak gitu. Ada yang ngelubang-lubangin botol air mineral, ada yang nyari taneman, ada yang lagi nimbang bahan kimia, ada yang ngelapin kaleng, ada yang ngeguntingin kain kasa, ada yang ngelabelin suntikan, banyak deh. Karena aku termasuk tim 11, yang kerjaannya adalah bikin larutan stok, yaa, aku sih ngukur-ngukur sama nyampurin larutan aja. Yang abis itu, tim lain yang kerjaannya nimbang, ngasih hasil timbangannya (such as: KNO3, H3BO3, NH4H2PO4, MnCl2.4H2O, dan yang panjang-panjang lainnya) ke tim larutan stok. Berasa jadi tukang jamu. Kemarin jualan kacang (baca: kerikil), sekarang jualan jamu. Menariknya, dalam proses itu terjadi beberapa kesalahan gitu deh, wkwkwk...

Nah, selesainya bikin larutan stok, umm... ngapain ya? Duh, kayaknya mulai lupa deh. Sek sek... Umm... Oh iya, ikut-ikutan bikin media tanamnya. Itu tuh, yang kerikil dimasukin ke botol air mineral yang sebelumnya dipotong setengah dan yang dikasih kain kasa.

Abis itu, ngencerin larutan jadi 10x lipat, trus dibagi ke 5 wadah gitu. Awal-awalnya sih aku ikutan bantuin. Tapi karena ada temen yang bilang, “Dhee, mbok aku wae, aku pengen nuang-nuang...” ya akhirnya aku kasih aja ke dia. Iya, aku emang baik hati dan pengertian.

Sekian.

4 comments:

 

LIMPPOMPOM Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang