Thursday, 20 December 2012

Putri Kaguya

Saya sedang sedih. Sangat sedih. Saking sedihnya, sampai-sampai saya tidak dapat menceritakannya kepada orang lain. Speechless. Ketika saya membuka-buka folder, saya menemukan gambar yang saya download dari blognya Andrea Innocent, berjudul Kaguya Hime. Yang dalam Bahasa Indonesia berarti Putri Kaguya.

Kaguya Hime
Gambar di atas memperlihatkan seorang putri yang sedang menangis dan bulan yang terlihat dari jendela. Entahlah, karena Putri Kaguya sedang menangis, dan ada leptop berada disampingnya, mungkin itu yang pertama kali membuat saya tertarik. Dan saya rasa, itu sangat cocok dengan keadaan saya saat itu, (saat saya menemukan gambar itu).

Lalu saya merasa, saya tidak terlalu asing dengan nama Putri Kaguya. Lalu saya ingat, saya pernah membaca komik Doraemon ke-28 pada judul Sandiwara yang Kacau. Dan di situlah pertama kali saya membaca nama Putri Kaguya. Karena penasaran, saya mencari lebih jauh tentang Putri Kaguya. Dari wikipedia saya mendapatkan cerita tentang Putri Kaguya. Pada awalnya, saya berpikir ceritanya mirip seperti cerita Timun Mas, bukan timun tetapi bambu. Putri Kaguya ditemukan oleh seorang kakek yang sedang mencari bambu. Suatu hari, ia menemukan bambu yang menyala pada pangkalnya. Karena penasaran, lalu ia memotong bambu tersebut dan menemukan seorang anak perempuan, itulah Putri Kaguya. Di akhir cerita, ternyata Putri Kaguya bukanlah manusia bumi. Ia adalah manusia bulan yang sedang dihukum untuk dibuang di bumi.

Bayi pada gambar di atas mungkin adalah Putri Kaguya pada saat ia ditemukan di dalam bambu. Bulan adalah tempat tinggalnya. Dan ia menangis karena ia harus kembali ke bulan. Dan laptop? Entahlah, saya juga kurang tahu.

Dan seperti biasa, saya yang hobi mengkhayal, menerawang jauh kesamaan antara saya dengan Putri Kaguya pada gambar dan cerita di atas. Saya sedang sedih, sama seperti Putri Kaguya. Saya merasa asing berada di muka bumi ini. Terkadang saya merasa sendiri. Mungkin saya adalah manusia bulan yang sedang dihukum juga? Tetapi kapan saya dijemput manusia bulan? Dan bedanya, tidak ada kaisar-kaisar yang datang melamar saya. Entahlah, mungkin saya mengkhayal terlalu jauh.

3 comments:

  1. we e. . ngp we kie. .

    eh, mnrut ane, putri kaguya sedih harus kmbli k bulan, pdhal dy sdh asyik d bumi, krena d bumi ad leptop dan koneksi internet -_-

    ReplyDelete
  2. @marimar: Aku yo curiga ngono, mar.

    @jeki: Jek, puhelease!

    ReplyDelete

 

LIMPPOMPOM Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang