Sunday, 3 March 2013

Perubahan Fisika dan Kimia

Adalah hal biasa ketika tangan kita terkena pisau dan berdarah. Kita bisa mengobatinya, dan beberapa hari kemudian akan sembuh. Bahkan bekas goresan pisau itu akan hilang seiring waktu karena tubuh kita memiliki daya regenerasi. Hal inilah yang dinamakan perubahan fisika.

Berbeda dengan perubahan fisika, perubahan kimia adalah perubahan yang bersifat kekal dan menghasilkan zat baru. Misalnya seperti ini, semua orang tahu, kalau gelas bisa pecah. Beberapa orang akan menggantinya dengan membeli gelas yang baru. Beberapa orang lainnya, yang mungkin tidak mampu membeli gelas baru, akan berusaha memperbaiki gelas tersebut. Akan tetapi, sesuatu yang telah hancur meskipun diperbaiki tidak akan bisa kembali seperti sedia kala. Hal inilah yang disebut dengan perubahan kimia.

"PERGI SANA! DASAR, MANUSIA PEMBAWA SIAL!"
*PRANGKKKK*
Perubahan kimia ini seperti halnya hati. Hati bisa hancur hanya karena sebuah kalimat. Memori yang buruk bisa meninggalkan bekas dan tak akan pernah bisa dilupakan, bisa menyebabkan trauma berkepanjangan. Hanya bisa berusaha melupakannya, dan berpura-pura sudah melupakannya. Memang, luka nyata lebih dan lebih mudah untuk diobati.

Berhati-hatilah akan kata-kata yang kau ucapkan. Karena sekalinya kata itu terucap, tak akan pernah bisa kau tarik kembali.

2 comments:

 

LIMPPOMPOM Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang