Thursday, 9 May 2013

Tips Move On

Nyesek memang, kalo orang yang kita suka, jadian sama orang lain. Jangankan jadian, tau kalo dia ternyata suka sama orang lain aja rasanya... Yah, rasanya tiap hari pengennya bad mood aja. Satu-satunya solusi ya cuma move on. Tapi sayangnya, move on itu susah. "Forgetting him is like trying to know somebody you never met."

Tapi beda lagi, kalo kasusnya, kamu udah ngerasain gimana-gimananya sama dia. Sukanya, dukanya... Tapi pada akhirnya, kamu tersakiti. Nangis sehari dua hari sih gak masalah. Tapi kalo sampe berlarut-larut, itu sih malah memperpanjang masa sakit hati kamu. Sama aja, intinya kamu harus move on. Malah, menurut saya ini lebih gampang karena ada alesan yang kuat buat kamu move on.

Baiklah, karena saya yakin di luar sana masih banyak orang-orang yang belum bisa move on, ini dia...

1. Niat
Kalo niat, pasti akan usaha. Jadi, langkah awal dari moving on adalah niat. Mau puasa aja niat dulu kan? Kalo gak niat, palingan jam 12 siang udah pengen minum aja. Akhirnya gak kuat, akhirnya minum, dan akhirnya batal puasanya. Begitu juga move on. Kalo gak niat dulu, pasti ntar di tengah jalan macet, menye-menye. Gimana mau berhasil? Pengen move on tapi tiap hari nyetatus galau. Malu dong sama semut merah yang berbaris di dinding.

2. Cari keburukannya
Nah, ini dia peribahasa favorit saya. Every cloud has a silver lining. Yang artinya, tiada gading yang tak retak. Yang artinya lagi, tidak ada manusia yang sempurna. Jadi pasti dia punya keburukan. Korek-korek aja, niscaya kamu akan ilfeel. Memang bukan hal yang baik, mencari-cari kesalahan dan keburukan orang lain. But it's OK. They say, "All is fair in love and war."

3. Buang
Buang semua kenangan yang berhubungan dengan dia. Misalnya, foto-foto dia, barang pemberian dia. Atau lagu-lagu yang identik dengan dia, buang! Karena itu semualah yang akan membuat kamu jadi cengeng dan akhirnya muter balik.

4. Cari kesibukan
Orang kalo udah sibuk, rasanya di dunia ini cuma ada orang itu dan kesibukannya. Sampe-sampe, laper aja gak sempet. Ampuh sekali memang. Maka dari itu, carilah kesibukan. Seperti, berusaha menegakkan benang basah misalnya. Atau mencari jarum di tumpukan jerami juga boleh.

5. Bersenang-senanglah
Jadi gak heran kalo temen kamu cuma nyamperin kamu pas dia butuh, pas dia sedih. Nah pas dia seneng, lupa sama kamu. Ini dia mekanisme move on yang sebenernya. Lakukan apa yang kamu suka. Bersenang-senanglah, niscaya kamu akan lupa. Jangankan dia, bahkan kamu akan lupa siapa diri kamu. Cobalah!

6. Cari gantinya?
Umm, ini yang gak boleh. Cari keburukan, cari kesibukan, cari kesenangan sih gak masalah. Tapi kalo kamu cari pengganti cuma buat pelampiasan, it's a BIG NO! Jangan penah menyakiti orang lain hanya untuk menyembuhkan sakitmu. Karena itu sungguh sangat egois.

7. Ikhlas
Last but not least, ikhlas. Ini yang tersulit dari yang tersulit. Karena sesungguhnya, ikhlas adalah tentang kesiapan.

Nah, sekian tips dari saya. Sudah saya praktekkan sendiri dan cukup ampuh. Yaa, 79,9% lah. Memang awalnya susah. Tapi lama kelamaan akan terbiasa walaupun harus melewati jalanan yang terjal dan berpasir. Selamat mencoba, semoga berhasil!

2 comments:

  1. Actually i'm gonna to following your step , actually actually ..... but its so hurt for starting first :'(

    ReplyDelete
  2. Oke, oke, it means you haven't ready yet. Keep strugling, baby. Ehhhh, kok baby sih? Oldy, I really mean. :p

    ReplyDelete

 

LIMPPOMPOM Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang