Sunday, 22 December 2013

Pelajaran dari Pokopang

Siapa bilang main game itu buang-buang waktu? Siapa bilang main game itu gak ada gunanya? Siapa bilang orang yang main game itu gak pernah serius? Siapa bilang game Pokopang itu game kacangan? Siapa bilang game Pokopang itu game yang gak pake mikir? Siapa bilang game Pokopang itu gak asik? Tak kenal maka tak sayang. Sebelum ngejudge yang macem-macem, mending baca ini dulu deh!

Siapa sih yang gak tau game Pokopang? Sepertinya semua orang tau deh, terlebih orang-orang yang tiap harinya "nduleg-nduleg" smartphone. Pasti sering kan diinvite sama temen buat main Pokopang? Ya keles, gak tau Pokopang. Itu smartphone cuma buat ganjel pintu ya? Wkwkwk... Kalo beneran gak tau, dan pengen banget tau, nih!

Pokopang!

Game Pokopang adalah game puzzle dari Line. Emang sih, kalau dilihat sekilas memang kayak game biasa. Tapi ini beda lho! Jadi ceritanya, di sebuah desa yang tentram, datanglah monster-monster dan menyerang desa tersebut. Untuk itu, Boni dan teman-temannya harus bersatu untuk mengalahkan monster-monster itu. Caranya? Dengan menggabungkan warna blok yang sama (minimal 3), yang nantinya blok-blok itu akan pecah dan menjadi senjata untuk dilempar ke monster, sehingga monster itu kalah. Tapi, gak segampang itu lho. Upgrade senjata (fruit) kamu biar semakin berbahaya buat si monster. Jadi, ayo bantu Boni untuk menyelamatkan desa!

Tutorial Pokopang

So, apa pelajaran yang bisa kita dapat dari game Pokopang? Ini dia...

1. Belajar menabung
Pernahkah kamu pengin membeli sesuatu yang tidak murah? Tentu akan lebih membanggakan jika kamu membelinya dengan uang kamu sendiri, bukan? Untuk itu, kamu perlu menabung. Eh tapi, baru sedikit uang yang terkumpul, kamu tergoda untuk membeli sesuatu yang gak terlalu kamu butuhkan. Alhasil, barang yang kamu penginin pertama kali belum bisa kebeli. Karenanya, kamu harus menabung lagi. Tapi sayang, pas uang kamu hampir cukup, ternyata barang yang kamu pengin udah gak dijual. Yaaaah, sedih deh.

Nah, game Pokopang ini mengajarkan kamu untuk menabung, menabung cherry. Tiap kamu main game, kamu akan mendapatkan cherry hasil dari memecahkan blok dan mengalahkan monster. Cherry itu bisa buat ngupgrade senjata, bisa buat beli bantuan di item shop, dan bisa buat summon animal. Nih, tipsnya. First, beli bantuan itu gak penting banget, karena harganya mahal. Memang sih, gak semahal senjata. Tapi fungsinya cuma 1x pake. Rugi banget kan? Nah, kalo summon animal itu ibarat main judi. Soalnya, animal yang kamu dapet belum tentu sesuai dengan keinginan kamu. Jadi, mending kamu nabung cherry buat upgrade senjata. Semakin mahal senjata kamu, maka semakin mudah kamu mengalahkan monster.

Beberapa monster yang sudah aku kalahkan.
Summon Animal
Upgrade deh tuh senjata!

2. Belajar memberi
Ada pepatah mengatakan, "hargailah orang lain jika ingin dihargai." Di fisika ada hukum aksi-reaksi. Nah, jika kamu ingin diberi, maka kamu harus memberi. Jadi orang jangan pelit-pelit. Kalau kamu suka memberi, niscaya orang lain juga akan tergerak hatinya untuk membalas pemberian kamu.

Di game Pokopang ini, ada yang namanya friend point. Friend point ini bisa kamu dapatkan kalau kamu mengirimkan clover ke temen kamu. Fungsinya bisa buat pinjem animal temen kamu. Kalau temen-temen kamu punya animal yang strong, wah kamu beruntung sekali. Tapi kalau kamu dapet pas yang animal-nya so weak kayak si Boni yaa, congratulations! Oiya, tapi kalo kamu udah memberi tapi temen kamu gak membalas pemberian kamu, itu sih namanya air susu dibalas dengan air tuba. Hahaha...

Bagi-bagi clover.
Air susu dibalas dengan air tuba. Ciyan!

3. Belajar sabar
Orang-orang kalau marah, sering banget bilang gini, "HHH, KESABARANKU SUDAH HABIS!" Yaelah mbak, di refill bisa kelessss. Main Pokopang aja mbak, biar kesabarannya gak habis-habis.

Nah, untuk main Pokopang, itu pake yang namanya clover. Ibaratnya, clover adalah koin yang bisa kamu pake buat main. Kayak di Timezone gitu deh. Kalo temen kamu baik hati pasti dia rajin banget ngirimin kamu clover. Tapi kalo temen kamu pelit, yaa kamu harus nunggu. Hah? Apa? Nunggu? Iya, nunggu 12 menit untuk 1 clover. Dan inilah kesempatan kamu untuk belajar sabar. Sabar menanti. Menanti clover, menanti jodoh. Eh.

4. Belajar mengatur strategi
Nih, buat yang memandang Pokopang sebelah mata. Main Pokopang itu gak segampang yang kalian pikirkan. Kita harus bisa mengatur strategi biar tujuan kita bisa tercapai. Aku kasih tips nih. Misalnya, kita lagi pengin mengumpulkan cherry sebanyak-banyaknya, maka kita pake animal yang special skill-nya ngasih cherry. Tapi kalau tujuan kita mau banyakin score, maka kita pake animal yang strong. Dan kalau kita mau bikin rekor, kita harus kerahkan animal yang strong, dan item-item bantuan yang kita punya. Jangan satu-satu, tapi pake semuanya. Niscaya kamu akan jadi ranking satu, pinter gak tuh?

Yeay! Best score!
Ranking 1. Pinter gak tuh?

Gimana? Masih meng-underestimate Pokopang?

0 comments:

Post a Comment

 

LIMPPOMPOM Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang